Home Buku Fanatisme, Musik, Motivasi Hidup dan Mempromosikan Kabupaten Bojonegoro Lewat Karya Fiksi

Fanatisme, Musik, Motivasi Hidup dan Mempromosikan Kabupaten Bojonegoro Lewat Karya Fiksi

193
0

 

Nama Buku                          : Sheraiser Bojonegoro

Penulis                                  : Atho’ R.M Sasmito

Penerbit                                : bluePen Publishing, Agustus 2013

ISBN                                      : 978 – 602 – 14283 – 0 – 6

Jumlah Halaman               : 136 Halaman

Harga                                    : Rp. 48.000 ( Khusus bulan September –
November, diskon 25 %,
harga sewaktu-waktu bisa berubah)

Order                                    : bluepen.adm@gmail.com

SHERAISER Bojonegoro merupakan karya pertama Atho’ R.M Sasmito (ARMS) yang berbentuk novel. Jika mendengar nama Arms, mungkin pasti akan banyak yang bertanya, siapa sih Arms? Bisa nuliskah Arms? Baguskah tulisannya? Apa sih karya-karyanya? Dan mungkin masih banyak lagi pertanyaan-pertanyaan yang mempertanyakan tentang Arms.

Namun ketika mendengar nama Sherina Munaf, pasti sudah banyak yang kenal. Jika melayangkan ingatan di tahun 2000-an, akan teringat dengan film musikal Petualangan Sherina dan lagu anak-anak yang masih banyak diperdengarkan. Sherina yang mulai terkenal sejak bermain film di Petualangan Sherina, dan juga terkenal dengan penyanyi cilik ini sekarang sudah besar dan menjadi publik figur yang akhir-akhir ini sering muncul di berbagai media, baik media cetak maupun elektronik, juga sering perform dengan lagu-lagunya terbaru di on air maupun off air, serta membintangi beberapa iklan yang sering tampak di tv maupun media cetak.

Sherina pernah mendapatkan gelar ‘The Twitter Princess’ dari majalah musik terkemuka, karena jumlah followers-nya terbanyak nomor 3 di dunia (http://news.okezone.com/read/2010/05/08/33/330680/33/sherina-dinobatkan-jadi-ratu-twitter) . Dari banyaknya followers adalah mereka yang mengidolakan Sherina yang disebut dengan Sheraiser.

Sheraiser adalah sebutan untuk para penggemar Sherina. Sheraiser ini tersebar di berbagai wilayah di Indonesia, bahkan juga ada di Hongkong dan Malaysia. Para fans Sherina atau Sheraiser ini biasanya saling mencari sesama Sheraiser di masing-masing daerah dan membentuk sebuah komunitas yang bernama Sherina’s Fans Club (SFC). Komunitas ini wadah atau tempatnya Sheraiser untuk berbagi informasi dan juga sharing mengenai idola mereka, atau juga untuk acara kumpul bareng berangkat untuk bertemu idola, bahkan juga menghadirkan idola dan mengundang Sheraiser dari SFC yang ada untuk silaturahmi.

 

Di beberapa daerah di Indonesia sudah terbentuk SFC, di antaranya, SFC Surabaya, Malang, Jogja, Bandung, Jakarta dan daerah-daerah lainnya. Namun untuk wilayah Kabupaten Bojonegoro, belum banyak diketahui adanya para fans Sherina yang menyebut dirinya Sheraiser, sehingga belum ada SFC. Di Bojonegoro lebih banyak didominasi fans dari group band, misalnya Sahabat Noah Bojonegoro, My Geisha Bojonegoro, Kerabat Kota, Slanker, atau kelompok-kelompok fanatik musik yang bisa dilihat dari atribut-atribut yang dibawa saat ada konser musik di Bojonegoro.

Mengenai buku yang berjudul Sheraiser Bojonegoro ini, mengisahkan tentang seorang fans yang menjadikan idola sebagai inspirasi dan motivasi dalam hidupnya.

Irwan, seorang pelajar kelas 3 SMK yang bersiap-siap menghadapi UNAS, suatu hari mimpi bertemu dengan Sherina di tidur siangnya. Ketika ia bangun, ternyata ia berada di kamarnya, dan masih terdengar lagu Sherina dari radio usang yang selalu ia nyalakan setiap kali ada di rumah. Dari mimpi siang itu ia mulai teringat dengan mantan penyanyi cilik yang dulu pernah main film Petualangan Sherina.

Kemudian serangkaian cerita, ia selalu mendapatkan informasi atau sesuatu yang baru ia ketahui tentang Sherina. Mulai dari keterangan yang ia dapatkan dari kekasihnya, mendengarkan radio, hingga berita tentang Sherina yang ia dapat dari surat kabar.

Ketika ia menemukan berita dari koran tentang Sherina yang hadir di Surabaya, memberikan motivasi kepada siswa-siswa yang bersiap-siap menghadapi Unas. Dari berita itulah ia mulai banyak mengetahui tentang Sherina, bahwa ternyata Sherina masih seumuran dengannya dan sama-sama sedang bersiap-siap berjuang menghadapi unas.

Irwan menjadi Gila Sherina. Foto yang ada di koran ia gunting dan ia jadikan motivasi untuk lebih semangat belajar, di rumah ia selalu mendengarkan radio dan request lagu-lagunya Sherina hampir di semua radio yang ada di Bojonegoro.

Namun sayangnya ketika Irwan mulai Gila Sherina, ia sebelumnya sudah memiliki kekasih yang bisa dikatakan perfect, Rista. Kekasihnya tulus mencintai Irwan apa adanya, meskipun Irwan hanya naik sepeda mini warna merah yang selalu dipakai untuk ke sekolah maupun berkencan. Semenjak Irwan mulai Gila Sherina, kekasihnya mulai terabaikan dan jarang mendapatkan perhatian dari Irwan lagi, karena yang ada di pikiran Irwan hanya ada Sherina, sehingga hubungan dengan kekasihnya berakhir.

Setelah putus dengan Rista, Irwan semakin menggilai Sherina dan tak terlalu menyesali perpisahannya dengan Rista. Hingga suatu ketika Irwan perjalanan pulang sekolah, ia mendapat pesan bahwa Rista kecelakaan dan kondisinya kritis, butuh kehadiran Irwan karena selalu memanggil namanya. Namun Irwan menganggap itu hanya akal-akalan Rista saja untuk bisa bertemu, karena mereka memang lama tidak saling komunikasi lagi. Hingga saat benar-benar terakhir kepergian Rista, Irwan tak juga datang.

 

Setelah mengetahui kenyataannya, timbul penyesalan dalam diri Irwan yang membuatnya trauma untuk jatuh cinta, sehingga ia berjanji untuk tidak jatuh cinta lagi dan memasang standar tinggi, cewek yang menjadi kekasihnya minimal harus secantik dan semanis Sherina.

Pada saat Irwan berjuang dalam mengerjakan Unas, konsentrasinya kacau karena menjelang waktunya ujian ia menanggung beban pikiran karena penyesalannya terhadap Rista. Hingga akhirnya pada saat ujian, ia mengeluarkan foto Sherina yang ia gunting dari koran dan selalu ia bawa untuk memberikan motivasi. Gara-gara guntingan foto itu, hampir saja lembar jawaban Irwan disobek oleh pengawas ujian.

Setelah lulus sekolah Irwan melanjutkan kuliah dengan bekerja sebagai penyiar radio di Rainbow Star FM, salah satu radio terbesar di Bojonegoro (Cerita fiksi tak pernah salah), dan kegilaannya kepada Sherina tetap semakin menjadi.

Suatu hari ada seorang pendengar cewek yang bernama Mitha membantainya langsung di On Air. Mitha adalah seorang penggemar Sheila On 7 (SheilaGank) yang tidak terima karena setiap kali Irwan siaran, pasti selalu memutarkan lagu-lagunya Sherina, baik untuk backsound siaran maupun langsung lagu yang mengudara. Sebenarnya memang banyak yang komplain kepada Irwan karena terlalu menunjukkan identitasnya sebagai penggemar Sherina, namun baru Mitha yang berani membantai langsung dalam On Air.

Suatu hari di kampus, Irwan yang menjadi mahasiswa semester 5 meninggalkan perkuliahan statistik di kelas, demi mengikuti cewek yang cantik dan manisnya seperti Sherina. Irwan membuntuti dan pembicaraan cewek itu dengan temannya di kantin kampus. Ternyata cewek itu yang bernama Mitha, seorang SheilaGank yang membantainya waktu On Air. Irwan menjadi penasaran terhadap Mitha seorang ShielaGank yang mengidolakan Sheila on 7 khususnya Eross Candra.

Pada saat Mitha kirim salam lewat SMS ke Rainbow Star Fm, Irwan mencatat nomornya untuk mengenal Mitha lebih jauh lagi.

Janji Irwan untuk tidak jatuh cinta lagi akhirnya tergoyahkan sejak bertemu dengan Mitha. Sedangkan Mitha baru saja berpisah dengan kekasihnya karena dikhianati, dan ia menjadi sedikit trauma dengan yang namanya cowok. Dari rangkaian cerita akhirnya Irwan dekat dengan Mitha, dan Irwan memberanikan diri mengungkapkan perasaannya kepada Mitha.

Mitha yang masih trauma dengan cowok, akhirnya memberikan syarat akan memberikan jawaban, kalau Irwan bisa membawanya bertemu dengan Sheila on 7, khususnya Eross Candra. Irwan yang sudah benar-benar dimabuk asmara oleh Mitha, dengan berat hati menerima syarat yang diberikan kepadanya.

Nah, bagaimana cara Irwan untuk bisa mendapatkan jawaban dari Mitha, dan juga bisa bertemu dengan Idolanya??? Akan lebih menarik jika menikmati sendiri cerita yang ada di dalam buku Sheraiser Bojonegoro ini.

Buku ini bukan sekedar ingin menceritakan tentang seorang fans yang menjadikan idolanya sebagai inspirasi dan motivasi dalam hidupnya, namun buku ini juga ada embel-embel Bojonegoro, kabupaten yang terkenal dengan kekayaan alam berupa minyak yang terkandung di dalam buminya. Melalui karya ini, secara tidak langsung juga ikut mempromosikan tentang Kabupaten Bojonegoro.

Meskipun cerita dalam buku ini hanya fiktif dan bisa dibilang konyol, namun setting yang dipakai benar-benar ada di Bumi Rajekwesi ini. Di antaranya seperti dalam cerita di Bab 20, Aku dan Rembulan, ketika ada salah satu pendengar yang menginformasikan bahwa penerimaan gelombang 104,4 Rainbow Star FM di daerah Sekar sangat jernih, kemudian Irwan juga mendeskripsikan secara langsung di On Air tentang daerah Sekar yang ada tempat bernama Atas Angin, ada juga Sendang Semayan, Gunung Kendeng dan juga kehidupan orang-orang di sana.

Selain menjelaskan di on air, dalam buku juga menceritakan tentang perayaan ulang tahun radio Rainbow Star FM mengadakan lomba-lomba yang digelar di tempat-tempat wisata yang ada di Bojonegoro.

Sasaran pembaca dari buku ini sebenarnya adalah mereka yang mengaku dirinya Sheraiser ataupun juga SheilaGank di berbagai daerah, karena buku ini bisa menjadi bagian dari diri mereka. Dengan sasaran pembaca buku memungkinkan dari berbagai daerah, secara tidak langsung juga ikut mempromosikan tentang Kabupaten Bojonegoro kepada daerah lain.

Namun kembali lagi di Bojonegoro, jika buku ini di Kota Ledre sendiri kurang mendapat apresiasi yang baik, bagaimana daerah lain bisa tertarik untuk membaca atau mengenal tentang Kabupaten Bojonegoro. Kembali lagi kepada ARMS. Siapa sih Arms? Bisa nuliskah Arms? Baguskah tulisannya? Apa sih karya-karyanya? Dan mungkin masih banyak lagi  pertanyaan -pertanyaan yang mempertanyakan tentang Arms.(arms)

bluePen,743231020140

 

 

Ditulis untuk Arisan Buku Sindikat Baca, 05 Oktober 2013, Rumah Baca

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here